Thursday 8 May 2014

Ingin Kuliah Tapi Kurang Biaya ?

atau

Ingin Kuliah Tapi keterbatasan Waktu ?

 

 

Jangan Khawatir, Beberapa Perguruan Tinggi Sudah Membuka Perkuliahan Secara Online Informatika,industri,sipil,lingkungan,dll, bahkan untuk Jenjang S2 Pun tersedia.
  
Dibandingkan metode pengajaran konvensional, metode e-learning tentu memiliki banyak kelebihan. Perkuliahan online juga memfasilitasi interaksi pada proses pembelajaran yang sebelumnya tidak dimungkinkan karena keterbatasan jarak geografis dan waktu. Dengan kata lain kuliah online bisa diikuti dari mana saja dan kapan saja.

Sistem perkuliahan online berlaku tidak hanya untuk jenjang S1, bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pasca sarjana namun bingung membagi waktu dengan pekerjaan Anda saat ini, perkuliahan online bisa menjadi alternatif.

Perkuliahan dalam format online juga membuat penyebaran pengetahuan menjadi lebih cepat. Selain itu materi perkuliahan juga lebih kaya karena disampaikan dalam format multimedia seperti video, audio, animasi, live streaming, dan lainnya. Perkuliahan online juga digunakan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas proses dan capaian belajar mahasiswa.
Soal mata kuliah dan SKS (Sistem Kredit Semester) pada perkuliahan online pun memiliki perbedaan dengan metode konvensional. Perbedaan tersebut kami kupas secara mendalam di artikel cover story ini.

Di Indonesia sudah ada beberapa perguruan tinggi yang menjalankan perkuliahan online, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), atau Universitas Bina Nusantara (Binus). Di kuliah online, selain metode belajar yang bisa dilakukan dengan lebih fleksibel dibanding metode konvensional. Presensi yang digunakan pun bukan dihitung dari berapa kali mahasiswa tersebut masuk.

Meski beberapa perguruan tinggi di atas belum melaksanakan perkuliahan online secara penuh, namun perkuliahan sudah dilakukan secara blended learning.
Beberapa Situs Online Learning ; 

http://kuliah.itb.ac.id
Kuliahonline.unikom.ac.id 
http://onlinelearning.binus.ac.id/
Clr.ui.ac.id 
http://elektro.upi.edu/blended-learning/
http://courses.web-bali.net/ http://kuliahonline.d3ti.mipa.uns.ac.id/
http://elearning.unpad.ac.id/kuliahonline/

Sumber :www.infokomputer.com/

0 komentar:

Post a Comment